Program Studi Bahasa Jepang Selenggarakan Workshop Peluang Menerima Beasiswa Studi di Jepang

Program Studi Bahasa Jepang Selenggarakan Workshop Peluang Menerima Beasiswa Studi di Jepang

Saat ini sekitar 5400 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru. (Sumber : https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html)

Mr. Masamu memberikan tips & trick kepada mahasiswa Widyatama memenangkan lomba pidato bahasa Jepang dan kesempatan meraih beasiswa studi lanjut di Jepang

Melihat fenomena tinggi nya animo mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa Monbukagakusho dan besarnya peluang mendapatkan beasiswa tersebut, Program Studi Bahasa Jepang Universitas Widyatama menyelenggarakan workshop dengan mendatangkan salah satu dosen dari Binus University Mr. Masamu Kamaga, Ph.D pada sabtu (22/9) bertempat di Ruang rapat rektorat lantai 2.

Program Studi Bahasa Jepang Widyatama Selenggarakan Workshop Peluang Meraih Beasiswa Studi di Jepang

Workshop dihadiri oleh puluhan mahasiswa Program Studi S1 dan D3 Bahasa Jepang Universitas Widyatama. Ketua Program Studi S1 dan D3 Bahasa Jepang menyelenggarakan kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa/I Widyatama dapat mengetahui strategi bagaimana mendapatkan Monbukagakusho. Selain itu juga Mr. Masamu memberikan tips & trick kepada mahasiswa Widyatama memenangkan lomba pidato bahasa Jepang. (Ed)