Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Program studi S1 Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Universitas Widyatama memiliki tujuan untuk menciptakan lulusan yang berbudi luhur, profesional dalam bidang linguistik dan terjemahan dengan standar Japanese Language Proficiency Test (JLPT) setara N2 atau lulus JLPT N3. Kemampuan ini sesuai dengan rumusan level pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selain itu, lulusan mampu menerapkan ilmu dan keterampilan bahasa Jepang untuk kepentingan masyarakat.

Program Studi S1 Bahasa Jepang juga mendatangkan native speaker yang dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Jepang baik untuk empat kemampuan penting yakni membaca, menulis, berbicara dan mendengar, maupun berbagi wawasan dalam hal kejepangan. Dengan memahami perbedaan budaya dan pola pikir masyarakat Jepang, mahasiswa diharapkan lebih mudah beradaptasi baik di lingkungan kerja setelah lulus, maupun ketika melanjutkan studi di Jepang.

Program studi aktif mengundang para praktisi yang ahli di bidangnya seperti para penerjemah lapangan di dunia industri, praktisi public speaking seperti master of ceremony, Human and Resource Development dari berbagai perusahaan untuk menjadi narasumber dalam workshop, kuliah umum, kuliah praktisi, dan lain-lain. Keunikan yang dimiliki Prodi S1 Bahasa Jepang yakni:

  • Konsentrasi bisnis; mahasiswa diarahkan untuk dapat langsung terjun ke dunia bisnis. Diharapkan lulusan yang cepat terserap di berbagai lapangan kerja, dan mampu beradaptasi di lingkungan bisnis Jepang.
  • Mahasiswa memiliki kesempatan untuk studi/ magang di Jepang melalui program 3+1 (bekerja sama dengan sekolah dan perusahaan di Jepang), yakni 3 tahun mengambil SKS di prodi, 1 tahun di Jepang dan dikonversikan ketika kembali ke tanah air. *opsional.
  • Dosen yang mengajar adalah staf pengajar akademisi dan praktisi.
  • Kegiatan organisasi dan berbagai event kejepangan
  • Memiliki native speaker yang membantu mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Jepang.
  • Kurikulum ditunjang dengan soft skill seperti public speaking dan desain

VISI

Menjadi program studi unggul yang menghasilkan lulusan profesional di bidang penerjemahan industri dan linguistik bahasa Jepang, berbudi luhur, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan global pada tahun 2022 di Kopertis Wilayah IV.

 

MISI

Misi Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kebahasaan yang diaplikasikan dalam ilmu linguistik dan terjemahan.
  2. Mengupayakan proses pembelajaran yang kondusif untuk membangun keunggulan lulusan dalam bidang linguistik dan terjemahan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang pengembangan dan penerapan bahasa Jepang.
  4. Membina sumber daya manusia yang memiliki intelektualitas, moralitas tinggi, serta berwawasan global, dalam hal ini mencakup penguasaan bahasa internasional, teknologi, dan keahlian bisnis.
  5. Membina dan melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, baik di dalam maupun luar negeri.

 

TUJUAN

Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama dalam menyelenggarakan pendidikannya memiliki tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang linguistik dan terjemahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang, baik lisan maupun tulisan, dengan standar kemampuan berbahasa Jepang lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) level N3.
  3. Menghasilkan lulusan yang adaptif dan memiliki kemampuan bahasa Jepang dengan kompetensi di bidang linguistik dan terjemahan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu dan ketrampilan bahasa Jepang untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

SASARAN

Sasaran Program Studi S1 Bahasa Jepang secara terperinci sebagai berikut:

  1. Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa dapat lulus tepat waktu (≤9 semester) dengan prestasi yang memuaskan (IPK ≥ 2,75).
  2. Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki skor EPT minimal 450.
  3. Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer (Mata Kuliah Komputer Dasar dan Internet) dengan nilai minimal B.
  4. Setiap lulusan sekurang-kurangnya memiliki satu sertifikat kompetensi.
  5. Sekurang-kurangnya 50% lulusan memiliki kemampuan bahasa Jepang lulus N3 pada tes JLPT.
  6. Dosen melakukan publikasi ilmiah satu kali dalam satu tahun.
  7. Seluruh dosen terlibat dalam kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat).
  8. Terlaksananya 75% dari seluruh potensi kerja sama dengan institusi lain.